Chat with us, powered by LiveChat

Mengenal Maskot Piala Dunia dari 1966 hingga 2014

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1966, Piala Dunia selalu mempunyai maskot yang berbeda setiap pagelaran nya. Desain dan pemilihan maskot selalu menggambarkan karakteristik dari negara yang di dapuk sebagai tuan rumahnya. Kostum flora atau fauna yang dipilih pasti mewakili ciri khas negara tersebut.

Piala dunia merupakan gelaran olahraga yang dinanti-nanti penggemar sepak bola seluruh dunia. Maskot yang digunakan pun menjadi perhatian dunia. Akan banyak souvenir yang dibuat sesuai maskot tersebut untuk memeriahkan piala dunia. Di bawah ini adalah deretan maskot yang sudah digunakan dari awal penyelenggaraan piala dunia hingga sekarang.

Deretan Maskot Piala Dunia yang Menggemaskan

Willie Inglaterra 1966

Maskot ini digunakan untuk Piala Dunia tahun 1966. Menggunakan singa yang merupakan simbol khas Inggris Raya. Singa Willie mengenakan jersey Union Flag dengan kata-kata “WORLD CUP”.

Juanita Mexico 1970

Juanita yang menjadi maskot Piala Dunia 1970 digambarkan sebagai seorang anak laki-laki mengenakan kit Meksiko dan sombrero (dengan kata-kata “MEXICO 70”). Namanya adalah “Juan” kecil, sebuah nama umum dalam bahasa Spanyol.

Tip Y Tap Alemania 1974

Tip dan Tap ini adalah maskot Piala Dunia Jerman Barat 1974. Maskot ini tergambar sebagai dua anak lelaki yang mengenakan perlengkapan ala Jerman dengan huruf WM dan nomor 74. WM adalah Weltmeisterschaft, Piala Dunia.

Gauchito Argentina 1978

Piala Dunia Argentina tahun 1978 memiliki maskot bernama Gauchito. Ia adalah seorang anak laki-laki memakai peralatan Argentina. Topinya (dengan kata-kata ARGENTINA ’78), neckerchief dan cambuk khas gauchos. Warna biru laut menjadi warna seragam, topi, dan bolanya.

Naranjito Espana 1982

Naranjito berbentuk jeruk, buah khas di Spanyol, memakai kit timnas tuan rumah. Namanya berasal dari naranja, bahasa Spanyol untuk oranye, dan akhiran kecil “-ito”. Maskot ini ada pada Piala Dunia Spanyol 1982.

Pique Mexico 1986

Piala Dunia Mexico 1986 menggunakan ciri masakan Meksiko yaitu lada jalapeno. Lada ini dihias dengan dengan kumis dan memakai sombrero.

Ciao Italia 1990

Ciao adalah pemain tongka, pemain dengan kepala bola sepak dan badan tricolore Italia. Namanya adalah ucapan Italia.

Striker USA 1994

Piala Dunia USA 1994 menggunakan hewan peliharaan AS yang umum yakni seekor anjing. Striker di sini memakai seragam sepak bola dengan kata-kata “USA 94”. Seragamnya berwarna merah, putih dan biru.

Footix Francia 1994

Seekor ayam betina, salah satu simbol nasional Prancis, dengan kata-kata “FRANCE 98” di dada. Tubuhnya sebagian besar berwarna biru, seperti kemeja timnas tuan rumah.

Nik, Ato, Kaz

Maskot Piala Dunia Korea-Jepang 2002 tampak meriah. Ada tiga makhluk yang dihasilkan komputer yang masing-masing berwarna oranye, ungu dan biru. Ato sebagai pelatih, sedangkan Nik dan Kaz sebagai pemain. Tiga nama individu dipilih dari daftar pendek oleh pengguna di Internet dan di gerai McDonald’s di negara tuan rumah.

Goleo Alemania 2006

Goleo berupa singa yang memakai kemeja Jerman dengan nomor 06. Lalu ada sebuah bola berbicara bernama Pille. Di Jerman, “Pille” adalah istilah sehari-hari untuk sepak bola.

Zakumi Sudafrica 2010

Zakumi digambarkan sebagai fauna di Afrika Selatan yaitu macan tutul. Rambutnya berwarna hijau memakai kaos bertuliskan Afrika Selatan 2010. Warna hijau dan emas Zakumi mewakili warna tim nasional Afrika Selatan.

Fuleco Brazil 2014

Piala Dunia 2014 memakai maskot seorang armadillo tiga bandir Brasil mengenakan kaos putih bertuliskan “Brasil 2014”. Pemilihan Fuleco membawa perhatian pada keanekaragaman hayati Brasil. Nama Fuleco diambil dari kata “Futebol” (“Sepak Bola”) dan “Ecologi” (“Ekologi”).

Zabivaca Rusia 2018

Serigala dengan nama yang diterjemahkan dari bahasa Rusia seperti The Goalscorer.

Itulah maskot yang unik dan lucu pada setiap Piala Dunia.